- CATEGORY -
APARTMENT
ARSITEKTUR
ART
FOOD
GARDENING
GAYA HIDUP
HOUSING
RUANG SEWA KOMERSIL
SEJARAH
URBAN PLANNING
HOME >> URBAN PLANNING 2016-10-28 09:54:38

Kota yang Maju Butuh Partisipasi Publik

Sebuah kota tidak akan maju dan berkembang jika tidak didukung oleh semua pihak yang berkompeten.

Kota yang Maju Butuh Partisipasi Publik
Sumber Foto : plotratio.com

Baca Juga :
# Jakarta Bakal Bangun Gedung Tertinggi se-Asia Tenggara
# Inilah Tiga Pusat Belanja Favorit Warga Jakarta
# Lippo Agresif Dengan Robbinz Setelah Ceraikan Robinson

PLOTRATIO.COM - Sebuah kota tidak akan maju dan berkembang jika tidak didukung oleh semua pihak yang berkompeten. Partisipasi publik dibutuhkan untuk menjaga dan merawat aset-aset kota, mengembangkan potensi kota, dan mengubah wajah kota lebih manusiawi. Pemerintah kota tidak bisa sendiri, karena keterbatasan dana dan sumber daya manusia.

Di sebuah kota, pemerintah setempat berkewajiban membangun taman kota, sedangkan warganya bertugas merawat. Namun jika yang datang tidak disiplin dengan membuang sampah seenaknya memetik tanaman semaunya, maka taman kota tersebut akan terbengkalai sehingga tidak berfungsi lagi. Contoh yang sedang hangat adalah Jakarta, yang menempatkan kursi taman dijalan-jalan protokol, tujuannya ingin membuat kota Jakarta lebih manusiawi dan dihormati. Kursi-kursi ini adalah sumbangan para tokoh dan pihak swasta sebagai wujud partisipasi publik.

Ada sebanyak 2300 kursi yang ditempatkan di jalan-jalan protokol, meski dibaut tidak menutup kemungkinan diambil orang. Tentunya ini harus dijaga kita semua, tidak mungkin Pemprov DKI menempatkan satpol PP atau polisi untuk menjaga 24 jam. Untuk itu masyarakat perlu dijelaskan bahwa kursi-kursi tersebut untuk keindahan kota, maka harus dihargai dengan merawat dan menjaganya. Kalau kota dihargai maka penduduk kota tersebut akan dihargai, karena kotanya memiliki aura dan karisma. Inilah yang diharapkan dari Gubernur DKI, bahwa buatlah kota Jakarta lebih berwibawa.

Kota-kota besar di Indonesia belum sepenuhnya nyaman bagi pejalan kaki. Selama ini pedistrian habis dipakai oleh kendaraan bermotor bahkan pedagang kaki lima, sehingga tidak bersahabat bagi pejalan kaki. Juga saat akan menyeberang jalan harus dibantu polisi lalu lintas, karena kendaraaan sering menyelonong. Kalau di Eropa, orang-orang kita relatif tidak sabaran, beda dengan Singapura yang lebih tertib dan disiplin.

Kalau kita pergi ke kota-kota di Spanyol, seperti Granada dan Cordova, setiap pinggir jalan ditanami pohon jeruk. Dan buahnya banyak, tetapi tidak ada satupun orang memetiknya, karena mereka tahu kalau itu untuk keindahan kota. Ada orang yang iseng mengambil dan memakannya, ternyata rasanya pahit, karena pohon ini sengaja ditanam pemerintah kota Granada sebagai hiasan. Dibutuhkan partisipasi publik dalam menata kota dengan baik, agar menjadi rapi dan dihormati.

Pada saat ada hari besar di Spanyol, kota itu bersolek. Kota itu menjadi kota bunga, seleruh jalan protokol diisi dengan pot-pot bunga yang disumbang oleh penduduk kota, dan tidak ada yang mencuri. Kota menjadi indah, itu menunjukkan disiplin luar biasa dan rasa penghormatan yang tinggi. Kemauan warga kota disana sangat besar, bandingkan dengan kota-kota di Indonesia, partisipasi warganya masih kurang.

Selama ini masyarakat seringkali dijadikan obyek kepentingan elit-elit kota sesuai aliran politiknya, ini menunjukkan tidak kompaknya dewan kota. Di negara lain, boleh berbeda pendapat, kalau rapat bisa gebrak meja hingga maki-makian, tetapi begitu sudah diputuskan oleh rapat maka akan ditaati semua pihak. Bukan sudah diputuskan di rapat, tetapi di depan konstituennya bilang tidak setuju dan minta mereka mengikutinya. Kedewasaaan berdemokrasi kita masih kurang dan harus terus belajar. Program kota akan bisa berjalan jika setelah disepakati harus didukung bersama-sama.
 
Penulis : Tanto Kurniawan
Editor : ET24
Sumber : plotratio.com




 

- BERITA TERKAIT -
# Peran Kantor Arsitek Dalam Pengembangan Kota
Banyak kantor arsitek yang dikomandoi oleh arsitek senior tidak bisa memuaskan semua pihak, hanya menjadikan proyeknya sebagai suatu karya megah dan indah saja.
# Perusahaan Keuangan Amerika Akuisisi Mall di Indonesia
Perusahaan ini mempunyai misi mengembangkan mall di daerah-daerah di Indonesia, tidak termasuk ibukota propinsi pulau Jawa.
# Inilah Salah Satu Negara Terbaik yang Menyediakan Perumahan Rakyat
Pemerintah negara ini telah berhasil mengendalikan harga rumah tempat tinggal berupa apartemen yang dijual kepada warga yang membutuhkan melalui skema kepemilikan Dewan Perumahan Negara.
# Kebangkitan Bisnis Properti Malaysia
Industri properti Malaysia mengalami masa keemasan pasca krisis keuangan periode 2009-2013. Terjadi peningkatan harga properti lebih dari 2 kali lipat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Untitled
Plotratio.com adalah media informasi tentang segala macam Real Estate.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan Berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari indonesia maupun dari luar Indonesia.
Powered by Sarangberita.com @102016